Minggu, 21 Desember 2014
Share |

Bupati Cianjur Buka Sosialisasi Perbup. Pemberdayaan Pendidikan Diniyah

17 November 2011, 09:13 WIB
Belum lama ini, Bupati Cianjur, Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM., membuka Sosialisasi Peraturan Bupati Cianjur Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Pemberdayaan Pendidikan Diniyah, bertempat di Aula Desa Kademangan Mande. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Daerah Bidang IV Kab. Cianjur, Asisten daerah Bidang III Kab. Cianjur, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Cianjur, Inspektur Daerah, Anggota DPRD Kab. Cianjur, para Camat, para Kepala Desa serta tamu undangan lainnya.
Dalam kesempatan ini, Bupati Cianjur mengatakan bahwa selama ini, penyelenggaraan pendidikan diniyah tidak banyak diketahui bagaimana pola pengelolaannya. Tapi karakteristiknya yang khas menjadikan lembaga pendidikan diniyah ini layak untuk dimunculkan dan dipertahankan eksistensinya. Peningkatan kualitas lembaga pendidikan merupakan sesuatu yang sangat urgen, sebab peningkatan sumber daya manusia tidak akan mungkin bisa dilakukan tanpa peningkatan kualitas kelembagaannya.

Selanjutnya, Bupati Cianjur mengatakan Pemerintah Kabupaten Cianjur telah mengeluarkan Perbup Nomor 12 Tahun 2006 tentang Pemberdayaan Pendidikan Diniyah, yang bertujuannya untuk lebih meningkatkan peranan lembaga pendidikan diniyah dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan nasional. Dengan telah ditetapkannya regulasi pemberdayaan pendidikan diniyah tersebut, pengelolaan lembaga pendidikan diniyah dapat lebih efektif, efisien, akuntable, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga pemerintah akan dapat dengan mudah memonitor, mengevaluasi dan mengontrol aktivitas dinamika belajar mengajar.

Diakhir sambutannya, Bupati Cianjur berharap mudah-mudahan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, dapat mendorong upaya mewujudkan dunia pendidikan yang lebih baik khususnya di Kabupaten Cianjur, sehingga dapat terwujud masyarakat Cianjur yang lebih sejahtera dan berakhlakul karimah.

Sementara itu, Kepala Bagian Keagamaan, Pendidikan dan Olahraga Setda Kabupaten Cianjur, Drs. Tonny R. Soeryadi, AK. MM. melaporkan, Sosialisasi Perbup. Nomor 12 Tahun 2006 mengenai Pemberdayaan Pendidikan Diniyah akan dilaksanakan dalam empat tahap, meliputi Wilayah I terdiri dari 180 orang peserta dilaksanakan di Kec. Mande, Wilayah II terdiri dari 199 orang yang akan dilaksanakan di Kec. Tanggeung, Wilayah III terdiri dari 199 orang yang akan dilaksanakan di Kec. Cibeber serta Wilayah IV terdiri dari 162 orang peserta yang akan dilaksanakan di Kec. Cidaun. (AND2, BH)